Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

Tuesday 29 March 2016

DESAIN RUMAH PERKOTAAN YANG MINIMALIS DAN MEWAH

  Sudah dijelaskan di blog sebelumnya dan tentunya kita juga bisa melihat fenomena yang terjadi di sekitar kita, dimana kurangnya lahan pembangunan akan tetapi kebutuhan tempat tinggal semakin banyak. Ini biasanya terjadi di kota-kota besar kita harus pintar-pintar memilih lahan dan mendesainnya.
  Alangkah baiknya sebuah rumah memiliki pekarangan yang luas, garasi, ruang tamu,ruang keluarga ruang makan, kamar tidur, wc, dapur, yang luas dan nyaman, akan tetapi di era sekarang ini dimana lahan yang semakin sempit akan sangat sulit dan orang-orang lebih memilih membeli atau menyewa apartemen dibanding mereka memiliki rumah dengan tanah milik sendiri.
  Akan tetapi bagi orang-orang yang masi menginginkan mempunyai rumah di atas tanah milik sendiri meskipun dengan lahan yang sempit, kalian bisa menyiasatinya dengan membangun rumah minimalis ke atas, atau tingkat, jadi rumah tersebut minimalis dan terkesan berkelas.
  disini saya akan memberi contoh membuat desain bangunan pada lahan yang sempit yaitu dengan luas tanah hanya 7x6 m. Pertama kita harus menentukan berapa lantai kita membangun, karena tentu saja dengan luas kurang lebih 42m2 kita akan kesusahan untuk membuat rumah yang memiliki ruang tamu, ruang keluarga,dapurwc dll, disini saya menggunakan rumah  tingkat 3 yang menurut saya cukup memenuhi ruangan-ruangan inti suatu rumah. kita mulai dari denah lantai pertama.


  Pada lantai pertama/dasar saya menyiasatinya dengan membuat sedikit pekarangan kurang lebih 2x6m dan sisanya di buat garasi, kenapa? di kota-kota besar banyak sekali rumah-rumah yang tidak memiliki garasi padahal mereka memiliki mobil dan diparkir di pinggir jalan, tentunya sangat mengganggu sekitar, apalagi ketika lahan depan rumah kita sangat kecil, jadi alangkah baiknya kita memiliki garasi sendiri yang aman dan nyaman.



  Terlihat pada gambar diatas dilantai peertama/dasar kita memakainya untuk garasi dan gudang, lalu didepan garasi kita memasang tangga untuk ke lantai 2, jadi untuk para tamu langsung ke lantai 2, seperti pada denah dibawah ini



  Agar terlihat lebih cantik di atas tidak langsung menuju ruangan akan tetapi di beri paviliun unntuk bersantai atau berbincang-bincang menikmati sore hari, setelah masuk pintu langsung menuju ruang tamu yang tidak begitu luas karena memang kita tidak mempuyai lahan yang luas, dan terlihat pada jendela diatas adalah ruang keluarga untuk berbincang-bincang atau nonton tv, untuk lebih jelasnnya seperti pada gambar dibawah.







setelah melewati ruang tamu, sebelah kanan terdapat dapur mini dan juga ruang makan mini atau hanya untuk ngeteh/ngopi ssembari duduk disitu. selanjut didepannya terdapat tangga menuju lantai 3 dan di sebelah tangga terdapat toilet, selanjutnya seperti pada gambar di sebelah kiri terdapat ruang keluarga, untuk melihat keselurahan bisa dilihat di denah dibawah ini





Pada lantai 2 sudah hampir melengkapi ruangan-ruangan inti suatu rumah, dan selanjutnya ialah pada lantai 3 rumah yang merupakan lantai paling atas, yang berfungsi sebagai lantai privasi para penghuni rumah, seperti pada gambar dibawah.











  Seperti pada gambar diatas lantai tiga berisi kamar-kamar para penghuni dan kamar mndi, jadi diatas terdapat 3 kamar tidur 2 kamar anak dan 1 kamar utama dan juga 1 kamar mandi. setelah kita naik di lantai 3 terdapat kursi-kursi untuk beristiraha/ mengobrol dan langsung menuju pada pintu kamar masing-masing dan pada ujung tangga terdapat 1 buah wc, jadi saat anada ingin buang air besar/kecil tidak harus turun ke lantai 2.
  Dengan lahan yang hanya 6x7m kita bisa membuat sebuah rumah yang lengkap, ada kamar tidur, ruang keluarga, wc, dapur, ruang tamu, garasi, dan sedikit halaman, dan untuk atap menggunakan atap kampung,untuk keseluruhan gambar bisa dilihat pada gambar dibawah ini




  Sekian desain rumah buatan saya untuk diperkotaan yang minimalis akan tetapi tetap mewah, apabila ada saran, kritik, ataupun request Anda ingin membangun apa, butuh biaya berapa, atau ingin saya desainkan apa,, bisa tulis dikolom komentar. thanks :D


No comments :

Post a Comment