Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

Saturday 19 March 2016

DESAIN APOTEK SEDERHANA

  Apotek? apotik? apotiek? :D entah mana penulisan yang benar akan tetapi semua orang tau apa itu apotek dan yang di jual di apotek. Tapi apakah banyak orang yang berminat untuk membuka apotek?
Sebelumnya jika anda bukan seorang apoteker bukan berarti anda tidak bisa membuat apotek, caranya anda bisa bekerja sama dengan apoteker dan anda berperan sebagai penyedia modal, kenapa anda bisa memilih bisnis apoteker ini? salah satu alasannya ketika apotek anda sudah berjalan dan membangun banyak relasi maka omset perbulan bisa mencukupi hidup anda dan bahkan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

  Untuk yang tidak mempunyai latar belakang apoteker saya akan sedikit menjelaskan syarat-syarat penting mendirikan apotek:

  1. Surat izin apotek, menurut keputusan mentri kesehatan Republik Indonesia no. 1322/MENKES/SK/X/2002 sang apoteker ataupun apoteker yang bekerja sama harus sudah memenuhi syarat seperti tempat, perlengkapan termasuk sediaan farmasi dan pembekalan farmasi yang lain baik milik sendiri ataupun puhak lain, kurang lebih seperti itu isinya.
  2. Lokasi, sebenernya jarak antar apotek tidak ada batasnya, dalam arti meskipun di daerah tersebut sudah memiliki 2 apotek dan anda ingin membangun disitu, tidak masalah asalkan anda siap bersaing dan punya inovasi agar masyarakat lebih memilih datang ke apotek anda. akan tetapi alangkah baiknya cari lokasi yang strategis dan tidak "pasaran" dalam arti membuat apotek di dekat rumah sakit yang logikanya pasti bnyak yang buka di situ, salah satu tempat untuk prospek bagus apotek baru ialah perumahan-perumahan baru, kawasan perkantoran, sekolah.
  3. Bangunan,meski di lapangan banyak apotek menggunakan lahan yang kecil sebenarnya luas bangunan standar apotek adalah minimal 60m2 tapi bukan berarti luas tanah 1x60m2 bisa di bangun apotek, tentu dengan luasan yang logis, contoh apotek sederhana 4x15m2. Kenapa diperlukan lahan yang cukup luas, dikarenakan di dalam apotek yang memenuhi syarat harus memiliki, ruang tunggu yang nyaman, ruang konseling dokter dan pasien, ruang racik, dan toilet.

  Selanjutnya saya akan memberi contoh desain apotek dengan luas tanah 12x10m2 2 kali lipat dari standar luas minimal,


  Di atas adalah contoh denah apotek dengan luas 12x10m2, selanjutnya dari pintu depan langsung etalase untuk pendaftaran dan untuk pembelian obat. selanjutnya setelah masuk di sebelah kiri digunakan untuk ruang tunggu pasien dan ruanag-ruang dokter seperti gambar di bawah.



Di bawah ada ruang dokter dengan pintu geser plus kaca agar terlihat lebih terang dan menggunakan gorden untuk menutupi ketika ada pasien.




  Selanjutnya pada etalase terdapat pintu menuju ke ruang racik dan pertama masuk ruang racik terdapat wc dan wastaffel karna harus steril, seperti pada gambar di bawah.





  Sesuai syarat bangunan apoteker desain ini terdapat ruang tunggu,ruang konsultasi dokter,toilet dan ruang racik. Selanjutnya ada syarat penting suatu toko/apotek/ruko yaitu pintu keluar dari pintu lain jangan sampai pegawai dan pengunjung masuk dalam pintu yang sama.



    Bisa di lihat di sisi kanan belakang parkiran motor terdapat pintu keluar untuk keluar masuk pegawai,kasir, peracik.

Sekian desain apotek sederhana:
 pertanyaan,saran,kritik,request silahkan dikolom komentar :)


22 comments :

  1. Bagi file gambarnya dong ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung save as aja bro dr halaman ini. atau bisa request bangunan apa yang pengen d buat bisa saya gambar sesuai selera. :D

      Delete
  2. Bagi file gambarnya dong ☺

    ReplyDelete
  3. Apakah bisa design bangunan seluas 3x6 utk di jadikan apotik ? Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Punten...desain gedung apotek pake aplikasi apa mas?

    ReplyDelete
  5. Kl ukuran 7x10 bisa tlg buatkan denah yg menarik pak,,, tanpa praktik dokter. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa monggo lewat apa? Email saya rioanggodho@gmail.com langsung kontak aja kriterianya

      Delete
  6. apa bisa desain apotik ukuran 5x6

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja kali untuk apotik dan ruang racik obat. Akan tapi jika ingin di tambah ruang dokter dan pemeriksaan akan cukup sempit.

      Delete
  7. Kl ukuran 4.10m x 9.70m bisa tlg buatkan denah yg menarik pak, untuk ruang tunggu, uang racik, dan ruang penyimpanan obat, tanpa praktik dokter. Trimakasih

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum...
    Mohon info kalo ruangan lebar 2,5 x 5 m bgmn desainnya pak?
    Trima kasih ..

    ReplyDelete
  9. Tolong dibuatkan denah ukuran 4x6m2

    ReplyDelete
  10. Bisa req design apotek gak? Hub kenomor mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa via email rioanggodho@gmail.com untuk req desain apotek dan gambar2 lainya

      Delete
  11. Saya mau design apotek dengan ukuran 4,5x 3 apa bisa pak?Tanpa ruang tunggu, tanpa praktek dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pak, mgkin nanti isinya etalase obat2 dan ruang racik pak klo d perlukan.

      Delete