Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

Sunday 27 March 2016

DESAIN RESTORAN / CAFE

  Restoran atau cafe sudah menjadi tempat favorit nongkrong anak muda ataupun yang sudah berumur untuk sekedar makan atau meeting atau hanya ngbrol-ngbrol ringan dengan teman maupun sendiri. Cafe yang nyaman, makanannya enak, wifi kencang, dan luas biasanya menjadi perhatian utama bagi para "penongkrong".
  Bisnis cafe sendiripun sedang hits di kota-kota besar maupun pinggiran, banyak cafe-cafe yang menawarkan fasilitas-fasilitas tertentu, menu-menu andalan, tawaran berbagai event tiap minggunya dan masi banyak lagi, mengapa banyak orang ingin mendirikan cafe/restoran ? keuntungan yang besar menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang mencoba mengadu nasib di bidang kuliner ini.
  Apa Anda tertarik membuat bisnis cafe/restoran? yang harus diperhatikan saat Anda ingin membangun sebuah cafe/restoran ialah sebagai berikut :

  1. Lokasi, cafe baru harus mempunyai tempat yang strategis, agar promosi lebih mudah dan juga tidak sulit untuk ditemukan.
  2. Tanah yang luas, apabila anda ingin membangun sebuah cafe alangkah baiknya dengan lahan yang cukup luas, dikarenakan apabila lahan yang sempit dan dalam cafe terlalu berdempetan cafe menjadi kurang nyaman.
  3. Rasa, tentunya saat anda memutuskan membuat cafe anda harus punya koki atau anda harus mempunyai skill memasak agar pelanggan menyukai makanan yang anda sajikan. 
  4. Survei saingan, Anda harus tau disekitar cafe tersebut ada cafe/warung/restoran apa saja, alangkah baiknya pilih tempat yang jenis makanan/menunya belum ada atau masi sedikit di daerah tersebut.
  5. keunikan Cafe, Cafe yang unikakan menjadi buruan para anak muda, baik dalam segi interior ataupun penyajian atau konsep cafe tersebut
  Apabila anda sudah membulatkan tekad untuk memulai bisnis cafe/restoran tersebut selanjutnya disini saya akan memberi contoh desain sebuah cafe/restoran dimulai dari denahnya dengan ukuran 12 x 15 m, lahan yang cukup luas untuk membuat suatu cafe/restoran yang nyaman.



  Selanjutnya dalam tampilan 3D


  Kita mulai bahas dari depan, di depan terdapat pintu yang cukup luas, dan saat masuk kita langsung disambut beberapa kursi untuk berdua, berempat atau berenam atau lebih.





  Setelah masuk sebelah kiri terdapat kasir, seperti gambar di atas dan sebelah kanan langsung menuju pada toilet dan mushola seperti pada denah. Disebelah kasir terdapat pintu seperti pada gambar yang mengarah pada ruang makan yang bersifat outdor dan bebas asap rokok seperti gambar dibawah.






  Di ruang ini atapnya hanya menggunakan kanopi transparant agar matahari masuk dan sinar bulan terlihat dan udara pun masuk untuk sirkulasi para perokok. pada gambar terakhir di atas ada ruang setelah pintu ruang outdor dimana itu adalah dapur tempat menyiapkan makanan. seperti pada gambar di bawah.









  Terdapat pula toilet untuk para pegawai di ujung dapur seperti pada gambar di atas,dan harus berbeda dengan toliet pengunjung.
Selanjutnya tampak depan dan atas dari cafe ini, dengan contoh saya membuat cafe steak & pasta



Oke dari gambar diatas terlihat cafe tersebut menggunakan atap kampung dan di bagian outdor hanya ditutupi kanopi bening/transparant.

Sekian contoh desain Cafe/restoran, request kritik saran silahkan pada kolom komentar. terima kasih.









4 comments :

  1. Gambar rumahnya buat dimana? Aplikasinya apa? Pake hape bisa ga? Atau mesti pakai komputer?

    ReplyDelete
  2. Pake sweet home 3D mabak....lumayan bagus hasilnya
    gak ribet untuk pemula

    ReplyDelete